BI Serahkan Beasiswa Pendidikan

BANJARMASIN - Sebagai bentuk kontribusi terhadap kemajuan dunia pendidikan, , Bank Indonesia menyelenggarakan beberapa kegiatan di bidang pendidikan. Yaitu,  penyerahan beasiswa dan kuliah umum di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para pejabat rektorat, dosen, dan mahasiswa Univeritas Lambung Mangkurat (Unlam) dan IAIN Antasari. Turut hadir pula dalam kegiatan beberapa pimpinan perbankan di Banjarmasin. 
      Kegiatan dibuka oleh Rektor IAIN Antasari yang diwakili oleh Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam yaitu Prof. Dr. Ahmadi Hasan M. Hum. Dalam sambutannya, Ahmadi sangat mengapresiasi kerjasama bidang pendidikan berupa pemberian beasiswa oleh Bank Indonesia. Selanjutnya, Mokhammad Dadi Aryadi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah II Kalimantan, menyampaikan bahwa Bank Indonesia sangat peduli dengan kondisi lingkungan sosial masyarakat sehingga melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Bank Indonesia menyalurkan bantuan dalam bidang pendidikan dan bidang-bidang lainnya seperti pertanian.
      “Bank Indonesia sangat peduli terhadap upaya peningkatan kualitas pendidikan. Hal ini mengingat pendidikan merupakan investasi terbaik yang pernah ada dalam sejarah kejayaan suatu negara,” ungkap Dadi.
      Kegiatan penyerahan  beasiswa diawali dengan penandatanganan perpanjangan perjanjian kerjasama beasiswa dengan Unlam dan IAIN Antasari. Kerjasama pemberian beasiswa dimulai sejak tahun 2003. Hingga akhir tahun 2013 telah diberikan bea siswa kepada 817 mahasiswa baik dari Unlam maupun IAIN Antasari dengan jumlah nominal sebesar Rp2.442.208.000. “Pada tahun 2014 ini, Bank Indonesia kembali akan memberikan beasiswa sebesar Rp259,2 juta kepada 80 mahasiswa Strata 1,” paparnya.
      Di samping kegiatan-kegiatan penyerahan beasiswa, Bank Indonesia juga melaksanakan kegiatan PSBI berupa pemberian bantuan buku publikasi Bank Indonesia dan buku kewirausahaan kepada mahasiswa Politeknik Banjarmasin (Poliban). Pemberian bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian Bank Indonesia dalam mendukung upaya pendidikan kewirausahaan kepada kalangan mahasiswa.(oza)