UN SD Hari Kedua Lancar

BANJARMASIN – Pelaksanaan UN (Ujian Nasional, red) SD dan Sederajat di hari kedua berjalan lancar, kemarin (11/5). Berdasarkan pantauan Radar Banjarmasin di sejumlah SD, tidak ditemui kendala yang berarti dalam pelaksanaan UN tersebut. Soal-soal yang dibagikan kepada para peserta UN SD dan Sederajat tidak terdapat kekurangan atau kerusakan.

UN hari kedua untuk SD dan Sederajat kemarin mengujikan mata pelajaran Matematika. Kendatipun terkesan lancar, ada sejumlah siswa yang mengeluhkan sulitnya soal Matematika yang diujikan tersebut. “Ada beberapa soal yang sulit dikerjakan. Padahal, waktu les dan try out rasanya belum pernah diajarkan,” keluh Andika, salah satu siswa SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin, usai UN, kemarin (11/5).
           
            Hal senada juga diungkapkan oleh Ririn, siswa SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin lainnya. “Soal yang susah terpaksa saya lewati dulu. Karena memanfaatkan waktu ujian yang disediakan. Kalau hanya sibuk mengerjakan soal yang sulit, waktunya bisa habis. Bisa-bisa tak sempat mengerjakan soal yang lain,” tuturnya.
           
            Sulitnya soal Matematika UN SD tersebut ditanggapi oleh Wakil Kepala Sekolah SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin, Sakrani. “Kalau kesulitan soal itu relatif. Soalnya, kemampuan siswa kan berbeda-beda. Namun, kami sudah memberikan les tambahan dan juga pengayaan pelajaran kepada para siswa sebagai persiapan untuk menghadapi UN,” ungkapnya.

            Di sisi lain, Sakrani menjelaskan jumlah peserta UN di SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin ada yang paling banyak se-Kota Banjarmasin. “Ada 168 siswa SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin yang ikut UN. Alhamdulillah, semuanya hadir, tidak ada yang absen,” katanya.

            Sakrani berharap para siswanya tetap tegar menghadapi UN yang memasuki hari terakhir, hari ini. “Mudah-mudahan UN tetap berjalan dengan lancar dan para siswa bisa mendapatkan hasil maksimal. Untuk tahun ini, SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin menargetkan angka kelulusan 100 persen,” harapnya.(oza)