Tak Menyangka Masuk 105 Besar


BANJARMASIN – Tim penilai dan panitia Banjarmasin Green and Clean (BjGC, red) 2011 sudah memutuskan ada lima kampung lagi yang mendapatkan penilaian terbaik. Awalnya, panitia hanya memutuskan 100 besar kampung terbaik. Namun, karena usai diverifikasi ada lima kampung yang potensial, maka kini ditambah menjadi kategori 105 besar. Sehingga, 105 kampung terbaik tersebut berhak kembali bersaing untuk masuk ke dalam kategori 50 besar.

            Lima kampung tambahan yang masuk kategori 105 besar tersebut masing-masing adalah tiga kampung dari wilayah terencana dan dua kampung dari wilayah alamiah. Apabila dijabarkan total kampung yang termasuk wilayah terencana adalah sebanyak 60 kampung. Sedangkan, untuk jumlah total kampung alamiah sebanyak 45 kampung.

 Menurut Project Leader program BjGC 2011, M Afiffudin tim penilai dan panitia akam melakukan penilaian lagi terhadap kampung-kampung yang masuk kategori 105 besar tersebut. “Pola penilaiannya tetap sama seperti penilaian yang sudah pernah dilaksanakan. Yakni, penilaian dilakukan tiba-tiba atau tanpa ada pemberitahuan kepada pihak pengurus atau warga kampung. Namun, untuk penilaian kali ini akan lebih ketat,” ungkap pria yang akrab disapa Odienk ini kepada Radar Banjarmasin, kemarin (20/5).

Odienk menjelaskan dari 60 kampung terencana dan 45 kampung alamiah, masing-masing akan diambil 20 kampung terbaik. “Kriteria yang dinilai adalah kebersihan lingkungan, penghijauan, dan pengelolaan sampah. Disamping itu, kalau memungkinkan kami juga akan memberikan nilai tambahan apabila di kampung yang dinilai memiliki fasilitas yang berhubungan dengan kebersihan,” urainya.

Dituturkan Odienk, nantinya dari 20  kampung terbaik itulah panitia akan menentukan juara-juaranya. “Jadi, kami minta agar setiap kampung peserta yang masuk dalam kategori 105 besar ini bisa bersiap-siap dan menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing. Karena bisa saja sewaktu-waktu tim penilai datang secara tiba-tiba,” sarannya.

Lebih lanjut, Odienk mengumumkan pada Rabu (25/5) nanti akan mengundang kampung peserta BjGC 2011 yang masuk 105 besar di Aula Pemko Banjarmasin. “Kami akan melakukan sosialisasi lagi. Sehingga, setiap perwakilan kampung bisa lebih memahami sistem penilaiannya,” pungkas Odienk.(oza)  

Wilayah Terencana

1.Kelurahan Sei Andai, RT 14 . Jl. Sei Andai Komplek Herlina Perkasa Blok I     
   Banjarmasin Tengah.
2. Kelurahan Teluk Dalam, RT 88, Jl. Rawa Sari Ujung  Banjarmasin Tengah.
3. Kelurahan Sei Andai, RT 61, Jl. Padat Karya, Anggrek Raya No.9 Banjarmasin Utara.


Wilayah Alamiah
1. Kelurahan Gadang, RT.40, Jl. K.P. Tendean Gg P&K Banjarmasin Tengah.
2.Kelurahan Seberang Mesjid, Rt.5, Jl. Seberang Mesjid Banjarmasin Tengah.