Sekalian Perkenalan Sirkuit Baru


BANJARMASIN – Selain memiliki Sikuit Balipat untuk menggelar kejuaraan road race, ternyata Kabupaten Tapin juga memiliki sirkuit untuk ajang balapan grasstrack. Sirkuit untuk ajang balapan motor garuk tanah tersebut diberi nama Sirkuit Tarungin Hatungun. Setelah selesai digarap sejak dua tahun lalu, sirkuit grasstrack tersebut bakal diperkenalkan pada pecinta olahraga otomotif Banua.
            Tepatnya, pada 21-22 Mei ini, di Sirkuit Grasstrack Tarungin Hatungun akan digelar Kejuaraan Grasstrack Tarungin Championship 2011. “Kejuaraan ini menjadi ajang grasstrack pertama yang digelar di Sirkuit Tarungin Hatungun. Jadi, tidak banyak pembalap grasstrack yang mengetahui karakteristiknya. Sekaligus juga sebagai ajang perkenalan Sirkuit Tarungin Hatungun kepada para pembalap grasstrack Kalsel,” ungkap H Lukman, ketua panitia kejuaraan ini sekaligus pemilik dari Sirkuit Tarungin Hatungun kepada Radar Banjarmasin, kemarin (18/5).
            Adapun sejumlah kelas yang dipertandingkan dalam kejuaraan grasstrack ini terdiri dari delapan kelas. “Yakni, untuk kelas utama terdiri dari kelas bebek standart pemula, kelas bebek standart open, open, kelas bebek 4 tak modifikasi open, kelas campuran (sport dan trail, red), dan kelas SE 85cc sampai dengan 250cc open. Sedangkan untuk kelas tambahan terdiri dari kelas SE 65cc dan kelas mini moto usia 13 tahun,” urainya.
H Lukman juga menyatakan kejuaraan ini bersifat open atau terbuka. Jadi, pembalap yang boleh ikutan tidak hanya sebatas dari Kalsel saja. “Pembalap nasional dari seluruh Indonesia juga boleh ikutan. Bahkan, sejumlah pembalap asal Pulau Jawa yang pernah menjadi juara nasional juga memastikan diri untuk mendaftar dalam kejuaraan ini. Diantaranya adalah Akbar Topan dari Jawa Tengah, Cep Sena dari Jawa Barat, dan Syaiful Lembut dari Jatim,” sebutnya.
H Lukman menjelaskan bagi pembalap yang ingin berpartisipasi bisa segera mendaftarkan diri mulai sekarang. Yakni, dengan datang ke sekretariat panitia pelaksana di Kantor TRM Jl Pasar Tarungin, Kecamatan Hatungun, Binuang, Kabupaten Tapin. “Atau bisa juga menghubungi panitia pelaksana di nomor 081351595454/08134940939. Pendaftaran dibuka hingga Sabtu (21/5) ini,”
Kejuaraan grasstrack ini menyediakan hadiah yang sangat menggiurkan. “Total hadiahnya jutaan rupiah. Serta hadiah berupa satu unit sepeda motor bagi pembalap yang berhasil menjadi juara di kelas utama,” pungkasnya.
Kejuaraan Grasstrack Tarungin Championship 2011 ini didukung oleh CV Tarungin Membangun, PT BGM-HBM Binuang, Pemkab Tapin, KONI Tapin, Pengprov IMI Kalsel, dan Harian Pagi Radar Banjarmasin.(oza)