Perbaikan SMP Paling Diprioritaskan

BANJARMASIN – Banyaknya gedung sekolah yang mengalami kerusakan di Kota Banjarmasin ternyata cukup banyak. Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, medio Januari 2011, ada 548 ruang kelas sekolah yang dikategorikan rusak ringan. Sedangkan, sebanyak 529 ruang kelas sekolah dikategorikan rusak berat.
            Menurut Kepala Seksi (Kasi, red) Sarana, Prasarana, dan Perpustakaan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Norbiansyah, ruang sekolah yang paling banyak rusak adalah sekolah dasar (SD, red). “Untuk tahun ini ruang kelas SD yang rusak ringan mencapai 245 ruang kelas SD. Sedangkan, yang rusak berat ada 352 ruang kelas SD,” ungkap Norbiansyah kepada Radar Banjarmasin, kemarin (11/5).
            Kendatipun jumlahnya lebih banyak ketimbang TK, SMP/LB, SMA/LB, dan SMK, dana untuk perbaikan ruang kelas SD ternyata tak dianggarkan samasekali pada tahun ini. Justru, yang diprioritaskan mendapatkan dana perbaikan ruang kelas sekolah untuk Kota Banjarmasin tahun ini hanya SMP. “Hal itu sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis, red) dari Kementerian Pendidikan Nasional di Jakarta,” papar Norbiansyah.
            Dijelaskan Norbiansyah, pihak Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin juga pernah mengajukan permohonan dana perbaikan untuk ruang kelas SD. Namun, anggaran yang dialokasikan oleh Kementerian Pendidikan Nasional tetap untuk perbaikan ruang kelas SMP. “Mungkin jumlah SD memang lebih banyak daripada TK, SMP, SMA, dan SMK. Sehingga, apabila dianggarkan untuk perbaikan ruang kelas SD pasti dana yang dikeluarkan juga makin besar,” tuturnya.
            Disamping itu, dana untuk perbaikan ruang kelas sekolah ini juga diperoleh dari APBD Kota Banjarmasin. “Biasanya besar anggaran Pemko Banjarmasin adalah sebanyak 10 persen dari dana perbaikan ruang kelas sekolah yang diambil dari APBD,” kata Norbiansyah.
            Di sisi lain, Norbiansyah berharap agar Kementerian Pendidikan Nasional juga memperhatikan perbaikan ruang kelas SD di Kota Banjarmasin. “Sebagaimana diketahui, banyak SD di Kota Banjarmasin yang ruangan kelasnya mengalami kerusakan parah. Saya harap, setidaknya tahun depan Kementerian Pendidikan Nasional juga mengalokasikan dana untuk perbaikan ruang kelas SD,” harapnya.(oza)
Rekapitulasi Sekolah Rusak di Banjarmasin (Januari 2011) :
-          Tk                    : 114 ruang kelas rusak ringan, 57 ruang kelas rusak berat
-          SD/SDLB        : 245 ruang kelas rusak ringan, 325 ruang kelas rusak berat
-          SMP/LB          : 161 ruang kelas rusak ringan, 106 ruang kelas rusak berat
-          SMA/LB          : 20 ruang kelas rusak ringan, 14 ruang kelas rusak berat
-          SMK               : 8 ruang kelas rusak ringan, 0 ruang kelas rusak berat