Pelajar SD Tegang

BANJARMASIN – Sejumlah Sekolah Dasar (SD, red) mengaku tegang. Pasalnya, tiga hari ke depan, terhitung mulai hari ini, para siswa SD/Sederajat akan menghadapi UASBN (Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional, red). Ketegangan para siswa SD/Sederajat tersebut memang cukup beralasan. Soalnya, pelaksanaan UASBN 2011 ini dipastikan berjalan dengan pengawasan ketat dan soal-soal yang diprediksi cukup sulit.
            Menurut sejumlah siswa SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin, persiapan untuk menghadapi UASBN 2011 ini sudah cukup matang. Namun, tidak bisa dipungkiri ketegangan juga kerap mencampuri fikiran mereka. “Saya terus berdoa dan mengharap doa juga dari orang tua. Supaya nanti ketika UASBN saya bisa menjawab soalnya dengan baik,” ungkap Bunga, salah satu siswa SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin.
            Hal senada juga diungkapkan oleh siswa SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin lainnya bernama Aulia. “Sebelum menghadapi UASBN kami sudah diberikan les tambahan  oleh para guru. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan saya bisa lulus,” ungkap Iwan kepada Radar Banjarmasin, beberapa waktu lalu.
            Sementara itu, Rizanudin, salah satu guru SDN Alalak menyatakan tak memungkiri banyak siswanya yang terlihat tegang jelang pelaksanaan UASBN. “Itu hal yang wajar. Jangankan anak SD, anak SMA pun banyak yang tegang kan ketika UN. Apalagi, standar nilai kelulusan yang diberlakukan tahun ini adalah 5,5. Namun, kami tetap memberikan semangat kepada mereka, supaya mentalnya kuat dan tenang ketika mengerjakan soal UASBN,” ungkapnya.
            Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Muhammad Amin menuturkan pelaksanaan UASBN 2011 untuk SD dan Sederajat akan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut. “Yakni, mulai Selasa (10/5) hingga Kamis (12/5). Jadwalnya adalah Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam, red),” sebut Amin kala dikonfirmasi Radar Banjarmasin via ponsel, kemarin (9/5).
            Amin menyebutkan untuk tahun ini jumlah siswa SD dan sederajat yang mengikuti UASBN 2011 di kota Banjarmasin adalah sebanyak 10.554 orang. “Seandainya dalam jadwal UASBN 2011 ada siswa yang absen, maka bisa mengikuti UASBN susulan yang digelar mulai 18-20 Mei ini. Untuk tahun ini kami menargetkan tingkat kelulusan UASBN sebanyak 100 persen,” pungkasnya.(oza)