Kelurahan Pekauman Wakili Banjarmasin

BANJARMASIN – Kelurahan Pekauman dipastikan akan mewakili Kota Banjarmasin dalam lomba kelurahan tingkat provinsi se-Kalsel 2011. Ini merupakan hasil dari kemenangan Kelurahan Pekauman di ajang lomba antar kelurahan se-Kota Banjarmasin 2011 yang digelar beberapa waktu lalu.
Menurut penilaian dari tim penilai lomba tersebut, Kelurahan Pekauman mendapatkan poin paling tinggi di delapan bidang penilaian. Yakni, terbaik di bidang pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan kelurahan, lembaga masyarakat, serta pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.
Tim penilai sendiri terdiri dari lintas sektoral dan lintas program di lingkungan SKPD Kota Banjarmasin. Antara lain dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Kesbanglinmas, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Pertanian, Tata Pemerintahan, Dinas BKBPMP bagian pemberdayaan perempuan, serta TP PKK Kota Banjarmasin.
Lurah Pekauman, Muslaini menyatakan senang bukan main akan prestasi tersebut. “Ini adalah hasil kerjasama dan kerjakeras seluruh warga Kelurahan Pekauman. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemko Banjarmasin yang sudah memberikan sejumlah arahan dan bantuan, sehingga kelurahan kami bisa menjadi juara,” ungkap Muslaini, kemarin (10/5).
Muslaini menyatakan akan berjuang semaksimal mungkin untuk bisa memenangi lomba kelurahan se-Provinsi Kalsel. “Kami akan melakukan persiapan lebih baik lagi. Yakni, dengan mengerahkan warga supaya turut mendukung dan mengembangkan program kelurahan yang disinergikan dengan program Pemko Banjarmasin. Mudah-mudahan kami bisa menang lagi di tingkat provinsi,” ungkapnya.
Sementara itu, Walikota Banjarmasin, Muhidin menyatakan agar Kelurahan Pekauman jangan berpuas diri. “Saya harap jangan hanya mengharapkan hadiah dari lomba ini. Intinya, harus benar-benar punya misi untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat kelurahan dalam rangka penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, dan swadaya gotong royong,” ungkap Muhidin.
Berkat memenangi lomba antar kelurahan se-Kota Banjarmasin 2011, Kelurahan Pekauman berhak menggondol hadiah berupa uang pembinaan sebesar Rp 10 juta. Sedangkan di posisi kedua dan ketiga, masing-masing diraih oleh Kelurahan Belitung Selatan (Kecamatan Banjarmasin Barat, red) dan Kelurahan Sungai Miai (Banjarmasin Utara, red).(oza)