Jangan Tunda Buat Jamkesda

BANJARMASIN – Walikota Banjarmasin Muhidin mengingatkan pentingnya kesehatan bagi seseorang, terutama bagi warga miskin. Karena itu, bagi warganya yang miskin, Muhidin menganjurkan agar segera membuat kartu Jamkesda (Jaminan Kesehatan Daerah).
Apalagi biaya pengobatan sekarang semakin mahal. Untuk itu, Pemko Banjarmasin menjadikan Jamkesda sebagai solusi bagi warga miskin Banjarmasin untuk tetap mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.
            “Jangan sampai menunggu sakit baru membuat Jamkesda,” imbau Muhidin dalam silaturahmi dengan para wartawan di ruang Berintegrasi Pemko Banjarmasin, kemarin (11/5).
            Muhidin mengatakan, Jamkesda memegang peranan penting sebagai jaminan kesehatan bagi warga miskin. Bila menderita sakit, maka bisa langsung mendapatkan perawatan dari rumah sakit. “Warga Banjarmasin yang memiliki Jamkesda bisa mendapatkan perawatan tanpa biaya, karena  biaya perawatan dijamin oleh Pemko Banjarmasin,” tegas Muhidin.

            Muhidin juga mengingatkan para pemegang Jamkesda harus taat terhadap aturan yang berlaku. “Misalnya, kalau pasien Jamkesda hanya boleh mendapatkan perawatan di bangsal kelas III rumah sakit, maka jangan minta bangsal kelas I. Kalau minta pelayanan lebih, tentunya akan kena biaya tambahan. Nah, itulah yang kerap justru membebani diri sendiri,” tuturnya.

            Namun, Muhidin juga memberikan solusi bagi warga miskin yang sampai sekarang belum memiliki Jamkesda. “Bagi warga miskin yang sakit dan memerlukan perawatan medis namun belum memiliki Jamkesda, bisa menunjukkan KTP dan surat keterangan miskin dari RT setempat ke rumah sakit. Yang seperti ini, akan dijamin perawatannya oleh Pemko Banjarmasin,” sambungnya

            Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Diah R Praswasti. Namun, Diah menyatakan kesadaran warga miskin Kota Banjarmasin untuk membuat Jamkesda masih rendah. “Hanya sekitar 27 persen dari seluruh warga miskin di Kota Banjarmasin yang memiliki Jamkesda,” urai Diah.
           
            Oleh karena itu, Diah mengimbau supaya warga miskin segera membuat Jamkesda. “Caranya sangat mudah. Cukup menyerahkan fotokopi KTP dan meminta surat keterangan miskin dari RT setempat. Kemudian, baru menghubungi Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin,” pungkasnya.(oza)