Gembira Masuk 100 Besar


BANJARMASIN – Setelah melakukan pemantauan dan penilaian, akhirnya tim penilai Banjarmasin Green and Clean (BGC, red) 2011 telah memutuskan kampung-kampung yang masuk dalam kategori 100 besar terbaik. Dengan demikian, peserta BGC 2011 yang masuk 100 besar tersebut akan makin ketat bersaing untuk masuk ke tahap selanjutnya, yakni menjadi 50 besar.
            Menurut Project Leader Program BGC 2011, M Afiffudin, kampung-kampung tersebut layak masuk dalam peringkat 100 besar karena memenuhi sejumlah kriteria penilaian. “Diantaranya adalah penilaian dari segi kebersihan, penghijauan, dan pengelolaan sampah,” ungkap pria yang akrab disapa Odienk ini kepada Radar Banjarmasin, kemarin (18/5).
            Dijelaskan Odienk kampung-kampung peserta BGC 2011 yang masuk kategori 100 besar berhak kembali bersaing untuk memperebutkan peringkat 50 besar. “Tentu penilaian menuju 50 besar ini akan lebih ketat lagi. Dan diharapkan, peserta yang masuk 100 besar lebih bersiap-siap lagi. Karena penilaian akan tetap dilanjutkan dengan pola yang sama, yakni tanpa pemberitahuan,” sambung pria yang juga manajer iklan Harian Radar Banjarmasin tersebut.
            Sementara itu, sejumlah kampung yang masuk kategori 100 besar BGC 2011 menyatakan sangat gembira dan bersyukur. Salah satunya adalah Ketua RT Komplek Surya Gemilang, Banjarmasin Utara, Didiet Suryadi. “Kami patut bersyukur karena sudah masuk dalam kategori 100 besar. Tentunya, kebersihan kampung akan kami tingkatkan lagi, supaya bisa masuk 50 besar,” ungkap Didet kala dikonfirmasi Radar Banjarmasin via ponsel, kemarin (18/5).
            Sedangkan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Banjarmasin, H Hamdi juga mengharapkan agar para peserta BGC 2011 yang masuk kategori 100 besar terus membenahi kebersihan lingkungan kampungnya masing-masing. “Untuk masuk menjadi 50 besar bukanlah hal yang mudah. Karena, masing-masing kampung harus makin menjaga kebersihan lingkungannya. Untuk itu, semua warga harus saling bahu-membahu supaya bisa punya peluang masuk ke babak 50 besar,” pungkasnya.(oza)