Dubes AS Kunjungi Pemko Banjarmasin

BANJARMASIN – Kerjasama AS tidak hanya di tingkat antar Negara. Bahkan, kini juga merambah kerjasama di tingkat daerah. Hal ini dibuktikan pemerintah AS kala mengirimkan Duta Besarnya, Rocco Costa ke Banjarmasin. Kunjungan Costa ke Banjarmasin diawali dengan bersilaturahmi dengan Pemko Banjarmasin, Sabtu (7/5).
            Kunjungan Costa ke Pemko Banjarmasin disambut hangat oleh Wakil Walikota Banjarmasin , HM Irwan Anshari, Asisten II Bidang Pembangunan Bambang Budianto, dan Kepala Dinas Bina Marga Kota Banjarmasin Fajar Desira. Dalam kunjungannya, Costa menyatakan ingin menjalin kerjasama dengan Banjarmasin, terutama dalam bidang pendidikan dan kebudayaan.
            Menurut Costa hubungan kenegaraan AS-Indonesia berjalan dengan harmonis. Dua aspek kerjasama yang paling sering dijalin adalah dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. “Banyak pelajar Indonesia yang belajar ke AS. Termasuk dari Banjarmasin juga kerap mengirimkan para pelajarnya ke AS. Disamping itu, para budayawan Indonesia juga kerap tampil di depan publik AS. Hal inilah yang ingin tetap kami pertahankan,” ungkap Costa.
            Costa menyatakan peluang para pelajar dan budayawan Banjarmasin untuk menimba ilmu di negeri Paman Sam tersebut masih terbuka lebar. “Kami menyambut baik dengan adanya pertukaran pelajar dan budaya. Bahkan, kami juga masih membuka kesempatan lewat program seleksi penerima beasiswa pendidikan di AS. Kami berharap, para pelajar dan budayawan Banjarmasin bisa ambil bagian dalam seleksi penerima beasiswa tersebut,” ungkapnya.
            Sementara itu, Wakil Walikota Banjarmasin, Irwan Ashari menyatakan sangat berterima kasih kepada pemerintah AS karena masih membuka kesempatan bagi pelajar dan budayawan Kota Banjarmasin untuk menimba ilmu di AS. “Kami mendorong kepada para generasi muda Banjarmasin supaya ikutserta dalam program pertukaran pelajar dan budaya ke AS. Yakni, dengan mengikuti seleksi calon penerima beasiswa belajar ke AS,” ungkap Irwan.
            Namun, Irwan mengakui untuk mendapatkan informasi tentang beasiswa belajar ke AS memang tidak dipublikasikan secara besar-besaran. “Biasanya dapat diketahui dari internet. Saya harapkan setiap pelajar dan budayawan di Kota Banjarmasin bisa menelusuri informasi tersebut. Karena akan membuka kesempatan untuk belajar di AS,” pungkasnya.(oza)