Bertambah 5 Kampung


BANJARMASIN – Gelaran BjGC (Banjarmasin Green and Clean, red) 2011 sudah mengumumkan kampung-kampung yang masuk kategori 100 besar. Namun, panitia memutuskan ada lima kampung yang juga berhak masuk kategori 100 besar. Dengan demikian, kini ada 105 kampung peserta BjGC 2011 yang terpilih menjadi yang terbaik untuk bersaing kembali menuju 50 besar.  
Menurut Koordinator Lapangan BjGC 2011, Fathurrahman, lima kampung tersebut memiliki potensi untuk turut bersaing menuju babak 50 besar. “Setelah kami verifikasi, ternyata potensinya cukup meyakinkan. Yakni, dari segi kebersihan lingkungan, pengelolaan sampah, dan juga kesiapan. Sehingga, panitia memutuskan lima kampung tersebut layak dan lolos untuk masuk babak selanjutnya. Dengan demikian, tidak menjadi 100 besar lagi, tapi 105 besar,” ungkap pria yang akrab disapa Fathur ini kepada Radar Banjarmasin, kemarin (19/5).
Fathur menguraikan awalnya yang masuk 100 besar terdiri dari 43 kampung alamiah dan 57 kampung terencana. Namun, baik kampung alamiah dan kampung terencana masing-masing ada kampung yang lolos verifikasi. “Untuk kampung alamiah ada dua kampung, sedangkan untuk kampung terencana ada tambahan tiga kampung. Jadi, totalnya sekarang kampung alamiah berjumlah 45, sedangkan kampung terencana ada 60. Kalau ditotal, jadi 105 kampung,” urainya.
Pengumuman kampung tambahan yang layak masuk 105 besar tersebut akan diumumkan di Harian Pagi Radar Banjarmasin, Sabtu (21/5) ini. “Jadi, nantikan saja pengumumannya. Bagi kampung-kampung peserta BjGC 2011 yang masuk 105 besar, agar lebih bersiap-siap lagi. Karena akan dinilai kembali untuk menuju 50 besar. Perlu diingat, persaingan juga semakin ketat,” paparnya.
Sementara itu, H Hamdi, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Banjarmasin menyatakan sangat setuju ada lima kampung tambahan yang berhak masuk babak 50 besar. “Dengan demikian, berarti kan masih ada kampung-kampung yang punya kualitas kebersihan setara dengan yang masuk 100 besar. Mudah-mudahan, dengan adanya tambahan lima kampung tersebut, akan makin menyemarakkan gelaran BjGC 2011,” ungkapnya kala dikonfirmasi Radar Banjarmasin, kemarin (19/5).
Program BjGC 2011 ini dipelopori oleh PT Unilever Indonesia. Didukung penuh oleh Pemko Banjarmasin, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Banjarmasin, serta Harian Pagi Radar Banjarmasin.(oza)