Walikota Lantik 53 Kepsek

LANTIK - Walikota Banjarmasin mengukuhkan Kepsek di Aula
Kayuh Baimbai, kemarin (15/4).(ozanimages)

BANJARMASIN - Walikota Banjarmasin, Muhidin melantik 53 Kepala Sekolah (Kepsek, red) dan pengawas sekolah se-Kota  Banjarmasin, di Aula Kayuh Baimbai, kemarin (15/4). Adapun rincian dalam pelantikan tersebut adalah 34 orang dilantik sebagai Kepala Sekolah Dasar, 3 Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP, red), 9 Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA, red) dan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan, red), 5 pengawas Taman Kanak-kanak (TK, red), dan 2 orang pengawas SD.

            Dari jumlah tersebut, 34 orang mendapatkan promosi jabatan. Yakni, yang awalnya adalah guru maupun Wakil Kepala Sekolah menjadi Kepsek. Mereka ditempatkan di sekolah yang baru maupun sekolah asal tempat mengajarnya masing-masing. Selain itu, 12 orang Kepsek mendapat mutasi ke sekolah yang baru, serta 6 orang Kepsek dan 1 orang guru berpindah ke jabatan fungsonal sebagai pengawas sekolah.

            Walikota Muhidin dalam amanatnya menyampaikan, pelantikan yang digelar kali ini adalah dalam rangka penyegaran. Yakni, berupa sejumlah mutasi dan promosi bagi PNS dilingkup Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin. “Khususnya bagi para guru yang dinilai berprestasi untuk diberikan kepercayaan sebagai Kepsek dan pengawas pendidikan di TK dan SD,” ungkap Muhidin.

            Hal ini tentunya terkait dengan peranan guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah. Menurut muhidin, sebaik apapun kurikulum jika tidak diimbangi dengan guru yang berkualitas, tentunya akan sia-sia. “Jadi antara kurikulum dan kualitas pendidik sangat berhubungan erat. Sehingga, jika ada kekurangan dalam kurikulum, maka akan disempurnakan oleh guru yang berkualitas. Nah, ini tentu saja tak lepas dari peranan Kepsek sebagai pemimpin dalam sekolah,” sambungnya.

            Sementara itu, Muhammad Amin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin meyakinkan bahwa para Kepsek yang dilantik tersebut telah dipersiapkan dengan baik. “Mereka sudah dibekali dengan berbagai macam pelatihan dan pendidikan. Sehingga, tidak akan berpengaruh pada kesiapan para siswa dalam menghadapi UN (Ujian Nasional, red),” ungkapnya.

            Amin berharap agar setiap Kepsek yang dilantik tersebut bisa memberikan grafik peningkatan pada masing-masing sekolah yang dipimpinnya. “Kalau bisa lebih baik daripada kepemimpinan Kepsek sebelumnya. Sehingga, kualitas pendidikan di Kota Banjarmasin menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.(oza)