UN Susulan Bagi yang Berhalangan

BANJARMASIN – Dinas Pendidikan Nasional (Diknas, red) Provinsi Kalsel mengeluarkan jadwal UN (Ujian Nasional, red) susulan. Hal ini sebagai antisipasi bilamana ada siswa yang berhalangan mengikuti UN Utama yang dilaksanakan mulai Senin (18/4) hingga Kamis, (21/4).
Menurut Sekretaris Diknas Provinsi Kalsel, Herman Taupan, untuk jadwal UN susulan dimulai pada 25 April hingga 28 April mendatang. “Mungkin pada saat UN utama ada siswa yang sakit atau dalam suatu kondisi tak bisa hadir. Maka, bisa tetap ikut ujian kelulusan pada saat UN susulan,” ungkap Herman kepada Radar Banjarmasin, kemarin (18/4).
Herman menyatakan untuk UN susulan pengawalannya tetap seketat UN Utama. “Jadi, pesertanya tidak banyak, UN susulan tetap menerapkan pengawasan silang dan penjagaan ketat dari pihak keamanan,” tegasnya.
Meskipun demikian, pada hari pertama pelaksanaan UN SMA/SMK/MA/Sederajat, Senin (18/4), tidak ada peserta yang absen atau berhalangan hadir. “Alhamdulillah, berdasarkan laporan dari semua kabupaten, semua siswa ikut UN di hari pertama. Mudah-mudahan, tetap seperti ini sampai UN tuntas,” harapnya.
Dijelaskan Herman, UN 2011 SMA/SMK/MA/Sederajat diikuti oleh peserta dengan total sebanyak 30.850 orang. “Sebanyak 21.644 siswa dari SMA, MA, dan SMALB (luar biasa, red). Sedangkan, sisanya sebanyak 9.206 adalah peserta dari siswa SMK. Jumlah tersebut merupakan perhitungan secara global dari masing-masing Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se-Kalsel,” sebutnya.(oza)