Mengganggu Pengguna Jalan


BANJARMASIN – Ketika musim penghujan tiba, ada sejumlah ruas jalan di Kota Banjarmasin yang tergenang air cukup parah. Hal ini dikarenakan mampetnya sistem drainase yang terdapat di jalan-jalan protokol tersebut. Yang sering dikeluhkan warga Kota Banjarmasin adalah genangan air di kawasan Jalan Sudirman (seberang SPBU Sabilal Muhtadin, red) dan juga di kawasan Jalan Pangeran Samudera.
Genangan air ini tentu saja membuat sejumlah warga Kota Banjarmasin mengeluh. Pasalnya, untuk melewati jalan yang tergenang air tersebut harus ekstra hati-hati. Selain itu, pengguna jalan juga harus bersabar karena di kawasan jalan yang tergenang air akan mengalami kemacetan. Pasalnya, genangan air tersebut membuat mesin mobil atau motor terendam, sehingga menyebabkan mogok di tengah jalan.
“Genangan air di kawasan Jalan Sudirman cukup mengganggu. Soalnya, genangan air bisa mencapai melebihi mata kaki dan merendam mesin kendaraan. Kemacetannya juga makin parah, soalnya kawasan ini dekat dengan SPBU,” ungkap Aulia, salah satu warga yang kerap melalui Jalan Sudirman, kepada Radar Banjarmasin.
Aulia berharap, ruas jalan-jalan utama seperti Jalan Sudirman bisa terbebas dari genangan air, terutama ketika hujan. “Yang pasti, sistem drainasenya harus dibenahi. Karena, saya lihat sistem drainasenya tersumbat sampah. Saya harap, dinas yang terkait segera melakukan tindakan,” ungkapnya.
Hal senada juga diungkapkan oleh warga Kota Banjarmasin lainnya bernama Fajri. Menurutnya, sistem drainase minim perawatan. “Sepertinya perhatian pemerintah dalam merawat drainase sangat kurang. Karena setiap hujan datang, pasti jalan tergenang air hujan. Bahkan, genangan air tersebut baru kering setelah berhari-hari,” pungkasnya.(oza)