Lulus 100 Persen Dapat Penghargaan

SEPI - Suasana salah satu SMA di Banjarmasin
    ketika digelar UN 2011, kemarin. (ozanimages)

BANJARMASIN – Walikota Banjarmasin, Muhidin menyatakan siap memberikan penghargaan kepada sekolah yang berhasil meluluskan siswanya sebanyak 100 persen. Dijelaskan Muhidin, penghargaan tersebut tak mustahil diberikan supaya masing-masing sekolah termotivasi demi mencapai hasil semaksimal mungkin.
“Kalau memang layak diberikan penghargaan, kenapa tidak. Sehingga, setiap sekolah berlomba untuk meluluskan sebanyak mungkin siswanya. Lebih bagus lagi kalau bisa lulus 100 persen,” ungkap Muhidin, kala melakukan pemantauan UN SMA/SMK/MA/Sederajat di sejumlah SMA, kemarin (18/4).
Dijelaskan Muhidin, tidak sembarangan sekolah yang bakal diganjar penghargaan tersebut. “Dilihat dulu jumlah siswanya yang ikut UN. Kalau hanya puluhan, ya tidak layak dapat penghargaan. Maksud saya, penghargaan tersebut hanya diberikan kepada sekolah yang peserta UN-nya mencapai jumlah ratusan. Kalau lulus 100 persen, tidak ada salahnya kan mendapatkan penghargaan dari Walikota Banjarmasin,” kelakar Muhidin.
Dalam kesempatan itu, Muhidin turun langsung ke lapangan untuk memantau UN SMA/SMK/MA/Sederajat 2011. Di hari pertama pelaksanaan UN tersebut, Muhidin melakukan pemantauan langsung di delapan sekolah, yakni, SMAN 2 Banjarmasin, SMAN 1 Banjarmasin, MAN 3 Banjarmasin, SMA Kanaan Banjarmasin, SMAN 7 Banjarmasin, dan SMALB (Sekolah Menengah Atas Luar Biasa, red) Kota Banjarmasin.
            Muhidin menyatakan pantauan langsung ke sekolah-sekolah tersebut adalah untuk memastikan lancarnya pelaksanaan UN 2011. “Sekaligus saya juga ingin memberikan dukungan kepada para siswa yang mengikuti UN,” ungkap Muhidin.
            Sementara itu, rencana Muhidin untuk memberikan penghargaan kepada sekolah yang berhasil meluluskan 100 persen siswanya, ternyata mendapatkan apresiasi positif dari Kepala Sekolah SMAN 2 Banjarmasin, M Marwan. “Tahun lalu, tiga siswa kami terpaksa ikut ujian susulan karena gagal di UN Utama. Mudah-mudahan, tahun ini kami bisa mencapai target kelulusan 100 persen. Apalagi, setelah ada rencana penghargaan dari Walikota Banjarmasin, membuat kami makin termotivasi untuk mencapai target tersebut,” ucapnya.(oza)