Diimbangi dengan Pelayanan


BANJARMASIN – Rencana kenaikan retribusi sampah memang baru sekedar wacana. Namun, banyak warga yang menaruh harapan agar kenaikan retribusi sampah ini dibarengi dengan kinerja dan pelayanan yang lebih baik.
            Menurut Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Banjarmasin, Hamdi, apabila rencana untuk menaikkan retribusi sampah ini jadi dilaksanakan, tentunya akan diimbangi peningkatan di bidang pelayanan. “Dengan adanya kenaikan besaran ganti rugi, maka diharapkan pendapatan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Banjarmasin juga meningkat. Dengan demikian, kami bisa membeli perlengkapan operasional untuk pengelolaan sampah. Misalnya, menambah armada pengangkut sampah atau merekrut tenaga baru,” ungkapnya.
            Sementara itu, Anang, salah satu warga Kota Banjarmasin menyatakan tak keberatan apabila retribusi sampah dinaikan. “Asalkan jangan terlalu tinggi, tentu akan saya dukung. Misalnya, dari Rp 2000 perbulan dinaikkan menjadi Rp 4000 per bulan. Saya kira itu masih bisa dijangkau dan sebanding dengan pelayanannya,” ungkapnya.
            Lain lagi dengan warga Kota Banjarmasin lainnya bernama Khairil. “Seharusnya pelayanannya ditingkatkan dulu. Kalau terbukti bagus dan berjalan konsisten, silakan saja menaikkan retribusi. Sehingga, antara pelayanan dan besaran retribusinya menjadi seimbang,” pungkasnya.(oza)
Daftar Besaran Retribusi Sampah :
-          A1 – Rp 2.000
-          A2 – Rp 3.000
-          A3 – Rp 4.000
-          A4 – Rp 6.000
-          Niaga Kecil – Rp 10.000
-          Niaga Menengah – Rp 20.000
-          Niaga Besar – Rp 100.000
-          Industri Kecil – Rp 50.000
-          Industri Besar – 100.000